Jesus is The Way, The Truth, and The Life.

"Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera" (Roma 8:6). "Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu" (Matius 6:33). "Sekiranya engkau memperhatikan perintah-perintah-Ku, maka damai sejahteramu akan seperti sungai yang tidak pernah kering, dan kebahagiaanmu akan terus berlimpah seperti gelombang-gelombang laut yang tidak pernah berhenti" (Yesaya 48:18). Tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru, mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah (Yesaya 40:31).

Saturday, May 23, 2015
0
Renungan Rohani - Tampar Pipi Kanan, Berikan Pipi Kiri - Save Your Soul
Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.(Matius 5:39).

Lukas 6:29
Barangsiapa menampar pipimu yang satu, berikanlah juga kepadanya pipimu yang lain, dan barangsiapa yang mengambil jubahmu, biarkan juga ia mengambil bajumu. 
Jika kita membaca satu dua kali perkataan Yesus di Injil Matius ini, mungkin di benak kita ini sangat mustahil untuk dilakukan. Ya, bagi manusia memang sangat mustahil, tetapi bagi Allah tiada yang mustahil. Siapa sih yang mau bertindak demikian yang tentunya bagi kita pasti itu adalah tindakan bodoh, dungu, tolol, bego dll. Tetapi jika Allah mencurahkan Roh Kudus-Nya kepada kita, maka kita bukan saja memperoleh kuasa menaklukkan musuh, mengusir roh jahat, membuat orang sakit menjadi sembuh dan mujizat karunia yang lain, bukankah iblis juga dapat melakukan itu semua? Tetapi kita dimampukan melakukan pekerjaan-pekerjaan seperti yang telah dilakukan Yesus, karena bukan kita yang melakukan pekerjaan itu melainkan Roh Kudus itu yang bekerja di dalam kita sehingga kita mampu melakukan pekerjaan demikian dan pastinya iblis tidak dapat melakukan pekerjaan yang demikian.
Yohanes 14:12
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;
Jadi seandainya, suatu ketika pipi kanan kita ditampar oleh seseorang, kita juga mampu memberikan kepadanya pipi kiri kita. Apakah Yesus mengajarkan bahwa jika hal ini terjadi maka serta merta kita akan langsung memberikan pipi kiri kita tersebut? Tentu tidak, mengapa? konteksnya di sini adalah mengenai cara kita menghadapi kejahatan. Yesus juga pada waktu Dia mau dilempari batu oleh orang banyak, dia menghindar dan bukan diam saja ketika mau dilempari, karena waktu-Nya belum tiba. Dan pada saat waktu-Nya telah tiba, Dia lakukan hal ini, ketika Dia ditampar, diludahi, dicambuk dan dipukuli, Dia tidak melawan, sampai Dia mati disalibkan di atas kayu salib untuk menebus dosa manusia. Maksud Yesus di sini adalah, jika seseorang melakukan yang jahat kepada kita, menampar kita, tindakan kita adalah tetap tidak melawan kejahatan tersebut, tidak membalas dendam seperti dalam cerita kepahlawanan raja-raja dahulu yang selalu membalas dendam atas segala kejahatan yang menimpa mereka. Karena dahulu memang Yesus mengatakan mata ganti mata, gigi ganti gigi.
Matius 5:38
Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi.

Janganlah melawan kejahatan, membalas yang jahat dengan yang jahat, tetapi tetaplah berbuat baik, dan Rasul Paulus katakan kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan (Roma 12:21), Rasul besar Petrus juga mengatakan janganlah membalas caci maki dengan caci maki (1 Petrus 3:9), bahkan Rasul Petrus mengatakan meskipun kita tetap berbuat baik tetapi orang itu tetap juga berbuat jahat kepada kita, bukan masalah bagi kita tetap berbuat baik kepadanya meskipun kita harus menderita karenanya.
1 Petrus 3:14
Tetapi sekalipun kamu harus menderita juga karena kebenaran, kamu akan berbahagia. Sebab itu janganlah kamu takuti apa yang mereka takuti dan janganlah gentar.

Yesus juga mengatakan kembali tetaplah berbuat baik bukan hanya kepada orang yang berbuat baik kepada kita, tetapi juga kepada semua orang termasuk yang menjahati kita, yang menyakiti kita, yang menampar kita, yang mengkhianati kita. Tidak ada gunanya kita berbuat baik kepada orang yang berbuat baik kepada kita, karena orang-orang berdosa pun berbuat demikian.
Lukas 6:33
Sebab jikalau kamu berbuat baik kepada orang yang berbuat baik kepada kamu, apakah jasamu? Orang-orang berdosapun berbuat demikian.
Jelaslah, bahwa dari manakah ajaran yang demikian, itulah ajaran dari Yesus yang disampaikan kepada murid-murid-Nya yang ada di Injil Matius 5:39 tersebut diteruskan turun temurun kepada orang-orang yang percaya kepada Yesus dan yang mau melakukan perintah-Nya, karena dengan hanya melakukan perintah-Nya sajalah kita dapat menyebut kita mengasihi Allah. 
Yohanes 14:21
Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya."  

Bukan mustahil bagi kita untuk dapat melakukan hal yang demikian jika Roh Allah itu bekerja di dalam kita, jika Roh Allah itu ada di dalam kita maka kita adalah anak - anak Allah (Roma 8:14). Dan tidak ada yang berat dan susah bagi kita meskipun kita menderita karena kebenaran ini, bahkan berbahagialah kita karenanya sebab kita akan menjadi anak - anak Allah.

Jadi maukah kita mengasihi Allah dan menjadi anak - anak Allah yang sesungguhnya? Pikirkan dan renungkanlah!!!

Ingatlah!!! Tamparan yang keras dapat menyadarkanmu tetapi dapat pula membinasakanmu.

Kiranya kasih karunia dari Allah Bapa kita, Tuhan Yesus Kristus memberikan pencerahan jauh ke dalam lubuk hati kita, sehingga kita dapat beroleh belas kasihan, hikmat dan pengetahuan dan pengertian pengenalan akan Dia.

Amin.

0 comments:

Post a Comment

Pujian hari ini..

Sign Up in Seconds

Sign up with your email address to receive hot updates straight in your inbox.

Powered By : sefyorsol

Powered by Blogger.